Mencari Inspirasi : Mompreneur ^^

Bismillah..
Mari menulis lagi ^^

Selain berfikir keras sampai kepalanya pusing (seperti yang ami ceritain di tulisan sebelumnya, hhe), ada satu hal lagi yang sering ami lakukan beberapa waktu terakhir, yaitu mencari inspirasi tentang peran yang sedang dan ingin ami jalani dalam hidup *cieee* 😀
Mungkin sebagian besar dari kita akan berharap, peran yang dapat kita jalani ke depannya merupakan kolaborasi antara aktivitas yang kita sukai, profesi yang kita kagumi, dan keilmuan yang kita miliki. Kita juga berharap, peran tersebut dapat memberi kebermanfaatan yang besar, tak hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk sebanyak-banyaknya orang dan lingkungan sekitar. Kita juga berharap, peran tersebut menimbulkan keberkahan, berupa kebaikan yang terus bertambah, dari sejak di dunia hingga kelak di akhirat, aamiin..

Akan tetapi, terlepas dari semua harapan kita, tugas manusia hanyalah berikhtiar dan berdoa, lalu bertawakal sepenuhnya, bahwa peran apapun yang Allah takdirkan pasti merupakan peran terbaik, yang dapat melimpahkan kebaikan paling banyak dibandingkan peran-peran lainnya.

Saat ini, salah satu ikhtiar yang ami lakukan adalah dengan mencari inspirasi 🙂
Karena aktivitas yang ami sukai, profesi yang ami kagumi, dan keilmuan yang ami miliki di antaranya berputar-putar di sekitar istilah “ibu, rumah tangga, keluarga, kesehatan, keselamatan, lingkungan, pengusaha”, maka ami senang mencari inspirasi seputar istilah-istilah tersebut. Rasanya juga senang banget ketika bisa menemukan banyak sosok perempuan yang merupakan “ibu rumah tangga” yang memiliki peran dan kebermanfaatan yang sangat besar, tidak hanya untuk keluarga tapi juga untuk banyak orang, baik melalui tulisan dan ilmu yang dibagikannya, melalui bisnis atau usahanya, melalui kegiatan yang diadakannya, melalui komunitas yang dibentuknya, dsb. Mereka sangat banyaaak dan sangat kereeen, dan dari mereka, ami sedang banyak belajar :’)

Hal lain yang membuat ami senang adalah ketika mendengar istilah “mompreneur“, singkatan dari mommy dan entrepreneur, ibu dan pengusaha, istilah ini terdengar sangat keren dan lucu :3, sampai dengan semangat 45 ami menularkan keinginan menjadi “mompreneur” ini pada seorang saudari senasib seperjuangan, Shuffah (minimal sekarang kita udah punya jawaban kalau ditanya cita-cita atau profesi kita mau jadi apa Shu, hehe). Karena saat ini ami belum menjadi seorang ibu, dan belum menjadi seorang pengusaha, maka yang bisa dilakukan sekarang adalah berikhtiar dan berdoa. Ikhtiarnya dimulai dari menumbuhkan, meluruskan, dan menguatkan niat, sementara berdoanya dimulai dari minta dibukakan pintu dan diterangi jalan mana yang bisa ditempuh, soalnya jalannya masih agak gelap dan samar, hhe.. Tapi Allah sungguh Maha Tahu, Maha Mendengar, dan Maha Berkehendak, jadi tenanglah… ^^

*****

Dari sekian inspirasi tentang mompreneur yang udah ami temukan, ada salah satu yang sangat berkesan dan ingin ami bagi di sini. Inspirasi ini datang dari seorang ibu bernama Pattie Fitzgerald yang membentuk program bernama “Safely Ever After”, yaitu program pendidikan keluarga yang bertujuan untuk melindungi dan mencegah anak-anak menjadi korban kejahatan. Beliau memulai dari ide dan tulisan, share her wealth of knowledge, hingga menjadi pengetahuan yang sistematis, seminar dan program yang sangat bermanfaat bagi banyak orang. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di http://www.safelyeverafter.com/ 🙂

Berikut ini ada beberapa inspirasi juga yang beliau bagi tentang “menjadi mompreneur” (diambil dari http://www.circleofmoms.com)

What advice would you give a mom who wants to be a mompreneur?

My 5 Tips (that have worked for me, anyway!)
1. Be passionate about what you choose to do, whether it’s a service business, a blog, or selling a product, believe in it and believe in yourself… because when you’re passionate about what you do, the hard work will always feel worth it.

2. Prioritize. That to-do list is always gonna be there. Some days you can get lots of things accomplished. Other days, not so much. With families, partners, schools, activities, households to run in addition to your business, some days just are too packed. Prioritize what really needs to happen on a certain day, and know that it’s okay if you didn’t cross every single thing off the to-do list.

3. Family life is Important ( :
It’s hard sometimes when we’re so focused on work and dinner needs to get started, or the kids need homework help or just want Mom’s attention for a while. Walk away from the computer, put the phone down for a while and just focus on what the family needs. Setting up “blocks of time” for specific work duties/family duties including PLAY can really help so no one feels neglected.

4. Be kind to yourself. Starting a business is hard. It’s time consuming, frustrating at times, and most of us want to do it all and do it all perfectly. You’ll make a few mistakes along the way — that’s good, it’s how we learn to grow (as moms and mompreneurs!)

5. Celebrate the little successes. If you made one new contact today, fantastic! Someone compliments the background color of your website — ALL RIGHT! Some days BIG things happen and that’s great. But it’s important to celebrate even those little accomplishments along the way. All those little things add up to great big success.

What tips do you have for connecting with other mom bloggers?

Chat Chat Chat! Read other blogs, contact those bloggers, keep in touch by offering to write up brief guest posts occasionally and share information. Mention your favorite blogs on your site. Join Twitter, share tweets, link to other blogs. If possible, go to the Blogher annual conference or other types of networking conferences. They are so much FUN and a great way not only to connect to others, but let everyone know who you are and what you do! If you have a product or service, do a giveaway on someone’s blog. When you’re just starting out, make it a goal to reach out to at least one or two new mom bloggers a week with just a short note telling them who you are, and complimenting them on what you like about their site. Great way to connect and learn.

How do you balance being a mom and and an entrepreneur?

This is hard sometimes, especially when you work from home because it’s all to easy to say “just one more email, just 10 more minutes online…” For me, it’s about blocking out chunks of time for tasks, work, family time, etc. I need structure! Sometimes I just gotta say to myself: “walk away from the computer, walk away from the computer!” I find that a lot of my Mom Entreprenuer friends say the same thing. I try to remind myself why I got into a “Mom business” in the first place… because I felt passionate about a family service AND I wanted the freedom and flexibility to work within my needs as a mom. For me, I also need to take time out to rejuvenate once in a while. A mom’s night out, getting a mani/pedi regularly, sometimes I just need to go shopping at the mall. I can’t squeeze it all in all the time, but those little pick-me-ups help me stay balanced and sane. Oh yes, a daily bit of chocolate is an absolute!!

*****

Sekian, semoga bermanfaat ^^
Mari berlomba-lomba dalam kebaikan, tugas kita berdoa dan berikhtiar, hasilnya biar Allah yang Menentukan..
Semoga Allah Mengizinkan kita menjadi orang-orang yang berbuat kebaikan, yang bermanfaat dan berkontribusi dalam perjuangan Islam,, dan semoga kita dapat selalu meluruskan niat dalam setiap aktivitas, aamiin…

4 komentar di “Mencari Inspirasi : Mompreneur ^^

Tinggalkan komentar